Ayo, Ikut Tanam Modal Demi Pers Bebas!

oleh Rohman Yuliawan

Lazimnya, investasi diarahkan pada bidang-bidang produksi atau pasar modal. Namun ada juga investasi model baru yang bisa disebut “investasi filantropis” alias investasi derma. Bagaimana bentuknya?

Adalah Dana Pinjaman Pengembangan Media (MDLF–Media Development Loan Fund), sebuah lembaga nirlaba dari New York, Amerika Serikat, yang punya gagasan untuk menawarkan paket investasi kepada siapapun, baik perseorangan maupun lembaga. Investasi ini dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan media independen, termasuk buletin dan radio komunitas di seluruh dunia. Gagasan ini dilatar belakangi realitas bahwa 80% penduduk dunia hidup tanpa pers yang bebas, sedangkan aktivis media independen belum mampu mengurangi prosentase tersebut akibat kesulitan pendanaan.

Dalam skema investasi yang ditawarkan MDLF, investor harus menyertakan modal minimal sebesar AS $ 1.000 (setara dengan Rp 9.500.000 kurs saat ini). Selayaknya investasi, ditawarkan juga nilai perkembangan modal dengan besaran berkisar 1-3% per tahun dan rentang investasi antara 1, 3, 5, 7, hingga 10 tahun.Selama 10 tahun layanannya, MDLF telah menyalurkan pinjaman lebih dari 40 juta dollar Amerika untuk membiayai 50 pengelola media di 17 negara.

Uang yang ditanamkan para investor akan dikelola MDLF sebagai dana bergulir yang dipinjamkan pada lembaga atau perseorangan yang sedang mengelola media independen. “Dana yang diinvestasikan melalui Nota Investasi Pers Bebas ini akan sangat besar artinya untuk menunjang keberlanjutan lembaga-lembaga informasi independen di negara-negara seperti Guatemala,Afrika Selatan dan Indonesia dalam memperjuangkan keadilan, mengungkap praktek korupsi dan mengritisi pemerintah,” kata Sasa Vudnic, Direktur MDLF.

Pinjaman MDLF kebanyakan dimanfaatkan untuk investasi dalam bidang penerbitan, penyediaan peralatan siaran radio dan televisi, pengembangan layanan informasi pada publik dan tetap menjaga jarak dengan monopoli pemerintah. Sayangnya untuk saat ini peluang investasi baru terbuka bagi warga Amerika Serikat saja. Baru pada pertengahan
tahun ini akan dikembangkan ke Eropa dan tahun berikutnya di Asia.

Kontak:
United States: Harlan M Mandel, Deputy Managing Director, MDLF, 37 West 20th Street, Suite 801, New York. NY 10011.
Phone: 917 294 5444, (212) 8071304.
Email: [email protected].
United Kingdom: Peter Whitehead, MOLF Director of Communications, 45 Carr Lane, York, Y0265HT.
Phone: (44) (0)7763175 332.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Protected with IP Blacklist CloudIP Blacklist Cloud